Apa Itu Etnometodologi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Etnometodologi adalah salah satu pendekatan dalam bidang sosiologi yang mencoba untuk memahami makna dan praktik sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Teori ini menekankan pentingnya memahami bagaimana manusia memberikan arti dan menciptakan makna di dalam interaksi sosial mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi, teori, contoh, pentingnya memahami etnometodologi, dan manfaat yang dapat didapatkan dari pengetahuan ini.

1. Pendahuluan

Image 1

Suatu waktu di pemukiman kota yang sibuk, seorang peneliti sedang mengamati pejalan kaki dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.

Dari observasi ini, dia mencatat bahwa setiap individu memiliki cara unik dalam memberikan arti pada tindakan dan perilaku mereka.

Mereka menciptakan makna di dalam interaksi sosial mereka dengan berbagi pemahaman dan mengikuti aturan tak tertulis yang dijalankan secara sadar atau tidak sadar.

Peneliti tersebut kemudian memperoleh pemahaman lebih dalam tentang konsep ini dan akhirnya mengembangkan etnometodologi sebagai suatu pendekatan untuk mempelajari bagaimana makna sosial dan praktik sosial diproduksi dan dipertahankan di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Definisi Etnometodologi

Image 2

Etnometodologi adalah suatu pendekatan dalam sosiologi yang mempelajari bagaimana manusia memberikan arti pada tindakan mereka dan membangun dan menjaga makna sosial di dalam interaksi sosial sehari-hari.

Dalam etnometodologi, kegiatan manusia dianggap sebagai tindakan yang bermakna dan tidak dianggap sebagai suatu fenomena sosial yang sederhana.

Pendekatan ini menekankan pentingnya memahami cara manusia memproduksi dan menggunakan pemahaman bersama untuk berinteraksi satu sama lain.

3. Teori Etnometodologi

Image 3

Etnometodologi memiliki beberapa teori dasar yang menjadi landasan dalam pemahaman praktik sosial dan makna yang diciptakan manusia.

Salah satu teori dasar dari etnometodologi adalah ethnomethods.

Ethnomethods adalah teknik interpretasi yang digunakan oleh manusia untuk memberikan arti pada tindakan dan kegiatan sehari-hari mereka.

Teknik ini melibatkan pemahaman intuitif dan pemilihan tindakan berdasarkan konteks sosial tertentu.

Teori lain yang berkaitan dengan etnometodologi adalah konsep langganan dan praktik yang dianut oleh peserta interaksi sosial.

Langganan merujuk pada aturan dan norma yang diikuti oleh peserta dalam interaksi sosial.

Praktik merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh peserta interaksi ini.

4. Contoh Etnometodologi

Image 4

Sebagai contoh, kita dapat mempertimbangkan situasi di mana seorang teman mengajak kita untuk bergabung dalam pertemuan keluarga mereka.

Ketika kita tiba di acara tersebut, kita mengamati bagaimana setiap anggota keluarga berinteraksi satu sama lain.

Mereka mungkin menggunakan kode-kode tertentu, seperti bahasa tubuh, ungkapan wajah, dan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di dalam keluarga mereka.

Sebagai seorang etnometodolog, kita dapat mempelajari contoh ini dengan mengamati bagaimana anggota keluarga memberikan arti pada tindakan satu sama lain dan bagaimana mereka mempertahankan makna sosial di dalam interaksi mereka.

Kita dapat melihat bahwa makna sosial dalam keluarga tersebut dibangun melalui ungkapan wajah tertentu, nada suara, dan bahasa khusus yang digunakan di dalam lingkungan keluarga tersebut.

5. Kenapa Etnometodologi Penting Dipahami?

Image 5

Pemahaman etnometodologi sangat penting dalam memahami bagaimana makna sosial diproduksi dan dipertahankan di dalam masyarakat.

Dengan memahami bagaimana manusia memberikan arti pada tindakan dan perilaku mereka, kita dapat menjelaskan dan memprediksi interaksi sosial yang terjadi sehari-hari.

Etnometodologi juga membantu kita memahami proses sosial yang terjadi di dalam kelompok dan komunitas manusia.

6. Manfaat Memahami Etnometodologi

Image 6

Memahami etnometodologi memiliki beberapa manfaat signifikan.

Pertama, pemahaman ini membantu kita melihat realitas sosial dari perspektif yang berbeda dan memahami perspektif orang lain.

Dengan memahami bagaimana orang lain memberikan arti pada tindakan mereka, kita dapat menghindari kesalahpahaman dan mengembangkan empati yang lebih baik dalam interaksi sosial.

Kedua, memahami etnometodologi juga membantu dalam penelitian sosiologi.

Dengan menggunakan pendekatan ini, peneliti dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang praktek sosial dan makna yang dibangun oleh peserta interaksi sosial.

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan etnometodologis akan menghasilkan pengetahuan baru dan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan sosial manusia.

7. Kesimpulan

Image 7

Etnometodologi adalah pendekatan yang penting untuk memahami bagaimana manusia memberikan arti pada tindakan dan perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari definisi etnometodologi, teori yang melandasi pendekatan ini, contoh-contoh etnometodologi, mengapa pemahaman etnometodologi penting, dan manfaat yang dapat diperoleh dari pengetahuan ini.

Dengan memahami etnometodologi, kita dapat melihat realitas sosial dari perspektif yang berbeda dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik sosial dan makna sosial yang diproduksi oleh manusia.

Copyright : Blog’s