Apa Itu Paradigma Penelitian Sosial? Ini Penjelasan Lengkapnya

Penelitian sosial merupakan salah satu metode yang digunakan dalam ilmu sosial untuk memahami dan menganalisis fenomena sosial.

Paradigma penelitian sosial menjadi landasan teoritis dalam melakukan proses penelitian yang melibatkan kompleksitas interaksi manusia dalam konteks sosial.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara mendalam tentang paradigma penelitian sosial, konsep-konsep yang terkait, serta pentingnya pemahaman terhadap paradigma penelitian sosial.

Pendahuluan

Image 1

Penelitian sosial merupakan disiplin ilmu yang berfokus pada pemahaman, analisis, dan penjelasan tentang perilaku sosial dan interaksi manusia dalam masyarakat.

Paradigma penelitian sosial menjadi kerangka teoritis yang digunakan untuk menggali pengetahuan dan pemahaman tentang fenomena sosial tersebut.

Paradigma penelitian sosial memberikan pemahaman tentang bagaimana seorang peneliti memandang dan memahami dunia sosial serta pemahaman tentang peran individu dalam masyarakat.

Definisi Paradigma Penelitian Sosial

Image 2

Paradigma penelitian sosial merupakan sebuah kerangka berpikir, sudut pandang, atau pendekatan dalam melakukan penelitian sosial.

Paradigma penelitian sosial mengacu pada seperangkat aturan, teori, metode, dan konsep-konsep dalam memahami fenomena sosial.

Paradigma penelitian sosial dapat berfungsi sebagai landasan pemikiran dalam merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian sosial.

Teori Paradigma Penelitian Sosial

Image 3

Teori yang melandasi paradigma penelitian sosial berfungsi sebagai landasan dan konsep pemahaman tentang hubungan sosial manusia dalam konteks masyarakat.

Teori-teori dalam paradigma penelitian sosial mencakup teori sosial, teori antropologi, teori psikologi sosial, dan teori sosiologi.

Teori-teori ini membantu peneliti dalam memahami fenomena sosial, memprediksi perilaku, serta menjelaskan hubungan antara variabel-variabel dalam penelitian sosial.

Contoh Paradigma Penelitian Sosial

Image 4

Contoh dari paradigma penelitian sosial adalah paradigma interaksionisme simbolik.

Paradigma ini melihat manusia sebagai makhluk sosial yang menciptakan makna melalui interaksi simbolik.

Teori interaksi simbolik menyatakan bahwa manusia memberikan makna kepada objek-objek sosial berdasarkan tindakan dan persepsi yang terbentuk dari interaksi dengan orang lain.

Paradigma ini memberikan pemahaman tentang bagaimana individu memahami konteks sosial dan bagaimana interaksi sosial membentuk pemahaman individu tentang dunia sosial.

Kenapa Paradigma Penelitian Sosial Penting Dipahami?

Image 5

Pemahaman terhadap paradigma penelitian sosial penting karena paradigma ini menjadi kerangka dasar dalam memahami, menganalisis, dan menginterpretasi fenomena sosial.

Dengan pemahaman yang baik terhadap paradigma penelitian sosial, peneliti dapat merancang metodologi penelitian yang sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Selain itu, pemahaman terhadap paradigma penelitian sosial juga memberikan pandangan kritis terhadap teori-teori sosial yang ada.

Manfaat Memahami Paradigma Penelitian Sosial

Image 6

Pemahaman yang mendalam tentang paradigma penelitian sosial memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan sosial: Dengan memahami paradigma penelitian sosial, kita dapat memahami landasan dan prinsip-prinsip dasar dalam ilmu pengetahuan sosial.

  • Mengembangkan kemampuan analisis: Pemahaman terhadap paradigma penelitian sosial membantu mengembangkan kemampuan analisis kita dalam memahami fenomena sosial secara kritis.

  • Meningkatkan kualitas penelitian: Pemahaman yang baik tentang paradigma penelitian sosial membantu meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan, karena metodologi penelitian dapat dirancang dengan lebih baik.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan: Pengetahuan tentang paradigma penelitian sosial membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dalam konteks sosial

Kesimpulan

Image 7

Paradigma penelitian sosial adalah kerangka teoritis yang digunakan dalam penelitian sosial untuk memahami fenomena sosial dalam masyarakat.

Paradigma penelitian sosial melibatkan berbagai teori dan konsep yang menyediakan landasan pemikiran dalam melakukan penelitian sosial.

Pemahaman yang baik tentang paradigma penelitian sosial sangat penting dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas dan membantu dalam pemahaman lebih baik tentang perilaku dan interaksi sosial.

Copyright: Blog’s